Wednesday, July 16, 2014

Mengenal Ikan Oscar

Ikan Oscar adalah jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan hidup secara bebas di alam liar di sungai Amazon diwilayah Amerika Selatan. Ikan ini juga ditemukan hidup bebas dibeberapa sungai di negara Prancis dan Suriname.

Dihabitat aslinya terdapat 3 jenis ikan Oscar yaitu : ikan Oscar Albino, ikan Oscar Tiger dan ikan Oscar Merah. Namun sejak dijadikan peliharaan manusia dan dijadikan sebagai pengisi ikan di akuarium atau kolam, kemudian dilakukan beberapa persilangan dari 3 jenis Oscar yang ada hingga bermunculan beberapa varietas baru dari ikan Oscar seperti : Oscar Red Tiger, Albino Tiger, Oscar Slayer dan banyak jenis persilangan ikan Oscar lainnya yang masih terus dikembangkan.

Oscar adalah salah satu ikan hias yang cukup populer, dari dulu sampai sekarang penggemar ikan ini tidak pernah habis. Selain di Indonesia, ikan Oscar juga merupakan jenis ikan hias yang sangat populer di Amerika Serikat karena ikan ini ternyata juga bisa cukup jinak hingga kita bisa memberikan makan langsung melalui tangan kita tanpa takut digigit.

Makanan Ikan Oscar

Ikan Oscar sejatinya adalah termasuk ikan buas yang memakan ikan lain yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya tetapi ikan ini juga memakan buah-buahan seperti  buah semangka, jeruk atau buah melon tetapi sejak dipelihara oleh manusia di Indonesia ikan oscar selain di beri umpan ikan kecil seperti anak ikan mas juga biasa diberikan umpan pelet, serangga kecil dan juga cacing sutra. Untuk ikan Oscar yang masih anakan biasa diberikan umpan kutu air.

Harga Ikan Oscar

Harga ikan Oscar cukup bervariasi tergantung dari jenisnya, yang termahal adalah ikan Oscar Albino namun secara umum harga ikan Oscar dewasa dengan ukuran 15 - 20 cm berkisar antara Rp.50.000,- sampai dengan Rp.100.000,-  per ekor sedangkan anak ikan Oscar yang berukuran 2 - 5 cm dijual eceran antara Rp.5.000,- Rp.10.000,- per ekor.

Ikan Oscar Terbesar

Disungai Amazon dan dibeberapa tempat yang menjadi habitat aslinya, ukuran ikan Oscar terbesar yang sering ditemui berkisar antara 35 cm sampai dengan 45 cm sedangkan ukuran ikan Oscar terbesar yang biasa dipelihara didalam kolam atau akuarium biasanya hanya sekitar 30cm saja.

Agar anda yang ingin memelihara ikan Oscar ini dirumah lebih mengenal ikan Oscar ini, selain penjelasan diatas berikut ini saya akan memberikan beberapa gambar ikan Oscar.

photo ikan oscar batik didalam aquarium


gambar anak ikan oscar albino


gambar ikan oscar red


gambar ikan oscar

ikan oscar jenis tiger

No comments:

Post a Comment